Pemkab Lotim Dirikan Rumah Isolasi Mandiri Khusus PMI

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Pathurrahman

 Lombok Timur (postkotantb.com)- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Pathurrahman mengaku, salah satu bentuk antisipasi terhadap penularan Covid 19, yakni mendirikan Rumah Isolasi Mandiri.

Rumah tersebut, dibangun di masing-masing desa dan dikhususkan untuk kedatangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI). "Sesuai instruksi Bupati Lotim untuk mengantisipasi kedatangan para PMI dari luar negeri. kami harapkan, rumah isolasi ini juga sebagai bentuk keterlibatan desa terhadap pencegahan Covid 19," ujarnya, Senin(5/4).

Diakui, upaya pencegahan sudah mulai pasif dilakukan. Sebelumnya, pencegahan dimulai dari membuat portal pada tiap gerbang masuk kampung, penyediaan alat cuci tangan dan penggunaan masker, tetapi saat ini pencegahan masyarakat terhadap virus itu mulai kendor.

Menurutnya, dalam melaksanakan pencegahan, semua unsur harus terlibat. Baik pemerintah, maupun masyarakat. Karenanya, Dia berharap, pemerintah kecamatan dan desa, lebih berperan untuk kembali memasifkan lagi pencegah penularan Covid-19 di kabupaten ini.

Berdasarkan rilis terbaru atau per hari Senin 5 April 2021, sebanyak 18 orang dinyatakan positif Covid-19 di Lotim dan sedang dalam perawatan di RSUD dr Raden Soedjono Selong.(RED)