Djohan Syamsu; Peran Media Massa Sangat Penting Untuk Kemajuan Suatu Daerah

KARIKATUR; CEO Postkotantb.com Aminuddin.SH menyerahkan Karikatur kepada Bupati Lombok Utara H.Djohan Syamsu.SH saat pembukaan "Merajut Relationship Pewarta Kehumasan" di Hotel Pesona Bulan Baru Malaka KLU Jum'at (11)06/21)

Lombok Utara (postkotantb.com) – Bupati Lombok Utara memberikan apresiasi yang tinggi atas kemitraan wartawan dengan pemda Kabupaten Lombok Utara.

Hal ini disampaikan H Djohan Syamsu,SH pada pertemuan Forum Pewarta yang bertemakan “Merajut Relationship Pewarta-Kehumasan." Media Massa sebagai pilar pembangunan, harus memberi informasi yang kritis dan konstruktif namun tidak berbau fitnah yang bertujuan untuk kepentingan tertentu.ketusnya.

Pemda Lombok Utara menempatkan media sebagai bagian penting untuk memberikan kontribusi positif dalam menjalankan berbagai program pembangunan. Penting membangun kemitraan dalam meningkatkan relasi dengan media massa untuk membangun daerah di berbagai bidang. Ujarnya.

Menyadari pentingnya peran media sebagai kanal informasi yang menghubungkan pemerintah daerah dengan masyarakat, maka peran media sebagai pilar ke empat dalam berdirinya sebuah negara besar yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dalam memajukan daerah.

Keberadaan media dalam mempublikasikan berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemda KLU. Dengan pemberitaan media, masyarakat bisa mengetahui perkembangan pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan kemasyarakatan dan berperan sangat penting dalam kemajuan suatu daerah, disamping ditentukan oleh keterlibatan seluruh stakeholder yaitu salah satunya media massa. 

Pemda Lombok Utara sejak berdirinya, telah merasakan dampak positif dari kehadiran media (cetak, elektronik dan online) yang selama ini berperan aktif sebagai jaringan dalam memperluas informasi kepada masyarakat, terang Bupati Lombok Utara pada pertemuan Pewarta yang bertugas di KLU, Jum’at malam (11/6) di Hotel Pesona Bulan Baru, Malaka Senggigi.

Sebagai pimpinan daerah,”Sekali lagi, saya apresiasi kepada seluruh Pewarta yang berkarya di Lombok Utara khususnya, Pewarta perlu terus menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers dalam melaksanakan tugas kewartawanan, di samping Relationship Pewarta dan Pemda bersifat egaliter dan independen. Hubungan terbuka, jujur, saling mendukung, saling menguntungkan, saling menginspirasi, saling memotivasi, saling memberdayakan dan saling memajukan".Paparnya.

Wartawan, lanjutnya, harus terus meningkatkan kualifikasi personal serta bekerja secara profesional dan proporsional. Tupoksi wartawan adalah melaksanakan hak tahu dan hak memberitahukan. Artinya Pewarta wajib memberitakan perkembangan  pembangunan semua bidang di KLU, baik yang  telah dan sedang dilaksanakan maupun yang akan dilakukan. Pintanya.

"Berita-berita pembangunan di bidang apapun yang dimuat di media massa harus informatif, apresiatif, inspiratif, motivatif, edukatif dan konstruktif bagi pemerintah dan masyarakat luas", imbuhnya.

Pemda KLU mengajak Pewarta bermitra membangun daerah melalui karya-karya jurnalistik yang menyejukkan. Diharapkan para pewarta terus berperan serta menjaga persatuan dan kesatuan di KLU,dan tidak kalah pentingnya selain sebagai fungsi kontrol juga sebagai penyeimbang untuk perbaikan menuju pembangunan dan kemajuan daerah,harap H Djohan Syamsu, seraya membuka secara resmi acara Forum Pewatra Kehumasan dengan tema “Merajut Relationship Pewarta Kehumasan”. (YN)