Mengintip Trik Kepala Baru MTsN 1 Lombok Tengah Majukan Tempat Tugasnya

RAPAT;  Kepala MTsN 1 Lombok Tengah Masdiono, dihari pertama masuk di tempat tugas baru, langsung menggelar rapat, sembari menggali potensi masing masing karyawannya.
Gagas Misi Bersama, Demi Terwujudnya Madrasah Hebat dan Bermartabat

Menciptakan perubahan besar, tidak harus mengandalkan kegigihan pribadi, namun memerlukan tekad bersama. Hal inilah yang dilakukan Kepala MTsN 1 Lombok Tengah, di hari pertama masuk tugas langsung menggelar rapat bersama, bangun sinergitas  menuju perubahan lebih baik

Berikut ulasan Postkotantb.com

SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH

KEHENDAK Melahirkan suatu perubahan besar menuju lebih baik tidak harus mengandalkan kehendak pribadi, sebab itu dibutuhkan pemikiran dan kerja keras bersama, guna mencapai tujuan yang diinginkan. 

Apalagi dalam memajukan lembaga pendidikan, khususnya di tempat tugas barunya sebagai kepala Madrasah, yakni di MTsN 1 Lombok Tengah, yang beralamatkan di Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah.

"Memajukan lembaga pendidikan, kita tidak bisa mengandalkan ego pribadi, makanya pertama saya masuk saya langsung kumpulkan semua stack holder dan civitas keluarga besar MTsN 1 Lombok Tengah," kata Kepala MTsN 1 Lombok Tengah Masdiono di ruang tugasnya Senin (14/06).

Dalam rapat tersebut, pihaknya menanyakan satu persatu apa saja program yang sudah dilaksanakan oleh kepala sebelumnya. Mana yang sudah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan.

"Sekiranya program yang sudah jalan dan sesuai dengan kebutuhan, saya dorong untuk dilanjutkan. Termasuk program yang sudah dicanangkan namun belum terlaksana, untuk kita cari bersama dimana letak kesulitannya," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak mengajaknya untuk mengeluarkan unek-unek dan terobosan baru di tahun ajaran baru ini. Kenapa pihaknya harus melakukan itu, sebab setiap masa punya batas dan kebutuhan, oleh karenanya menyatukan pendapat dan persepsi menuju perubahan lebih baik, itu penting dan itu bisa diketahui melalui mufakat.

"Pada intinya, memajukan MTsN 1 Lombok Tengah, dibutuhkan kerja tim," ungkapnya.

Setelah tim terbentuk, barulah masing masing karyawan bekerja sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupokasi), sesuai dengan keputusan dan kebijakan yang sudah diambil melalui rapat bersama.

Mantan Kepala MTsN 5 dan 2 Loteng ini menambahkan, masing masing guru ataupun karyawan yang sudah di daulat melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya.

Pihaknya sudah meminta untuk tetap melakukan koordinasi dengan bidang yang lain, hal ini penting dilakukan mengingat masing masing bidang memiliki keterkaitan satu sama yang lain, dengan tujuan yang sama, menjadikan madrasah hebat dan bermartabat.

"Kerja tim ini, amat menentukan arah dan kemajuan Madrasah. Dengan nilai kebersamaan insyaallah semua apa yang menjadi harapan insyaallah tercapai. Sebab Rasul sendiri setiap mengambil keputusan selalu melalui musyawarah dan inilah yang harus jadikan panutan," ujarnya.

Diakuinya lanjut Putra Kelahiran Tarekat 31 Desember 1974, menjadi kepala di madrasah yang ada di jantung kota, memang berat. Apalagi MTsN 1 Lombok Tengah ini menjadi potret kemajuan Kementerian Agama Lombok Tengah. 

Tentu dibutuhkan inovasi dan kerja keras bersama, oleh karenanya, dihari pertama masuk, pihaknya langsung menggelar musyawarah bersama guna mencapai mufakat, guna menjadikan potret kemajuan Kementerian Agama Lombok Tengah ini lebih baik, terutama prestasi dibidang akademik ataupun non akademik. 

Selanjutnya, kepada semua pihak, pihaknya atas nama keluarga besar MTsN 1 Lombok Tengah, minta doa dan dukungan semoga apa yang menjadi tujuan madrasah sesuai dengan motto madrasah hebat dan bermartabat tercapai.

"Kritik dan saran serta dukungan sangat kami harapkan, guna menjadikan MTsN 1 Lombok Tengah ini lebih baik," harapnya. (**)