99 Kursi Kasek Masih Lowong, Menunggu Saatnya Untuk Diisi


LOTENG, (postkotantb.com)- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah (Loteng) Drs. HL. Muliawan merilis, di akhir tahun 2021 ini, ada sekitar 99 sekolah, mulai dari jenjang pendidikan tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Se Loteng, bakal tidak memiliki pimpinan atau kepala sekokahnya.

"Sesuai data yang kami miliki, kurang lebih sekitar 99 sekolah, baik sekolah dasar dan menengah pertama tidak memiliki kepala atau pimpinan," katanya di ruang kerjanya, Rabu (29/12/21).

Dari 99 sekolah tersebut lanjutnya, saat ini ada yang diisi PLT dan ada juga masa tugasnya berakhir alias pensiun. 

Dijelaskan, untuk sekolah menengah pertama, ada 5 SMP yang dijabat oleh PLT kasek, sedangkan kepala sekolah yang mendekati pensiun ada 4 SMP. "SMP yang dijabat PLT kasek seperti SMP Sereneng Pujut, SMP 7 Praya, SMP 6 Kopang, SMP 2 Praya Barat, SMP 2 Pujut dan lainnya, sedangkan kasek SMP yang masuk masa pensiunnya tertanggal 31 Desember, seperti kasek SMP 1 Janapria, SMP 4 Praya Tengah dan lainnya," terangnya. 

Sedangkan untuk sekolah dasar, kurang lebih sekitar 90 sekolah, dari 90 sekolah tersebut, ada yang ditinggal meninggal, ada juga yang ditinggal sudah pensiun dan akan pensiun. 

"Lengkapnya mana sekolah dasar yang di isi oleh PLT kasek dan masuk masa pensiun di akhir tahun ini, datanya saya lupa," bebernya.

Sekolah yang kosong dan akan ditinggal karena pensiun, tentunya pihak dinas sudah melakukan catatan khusus, siapa saja nama nama calon kasek yang akan diusulkan untuk mengisinya. 

"Nama nama calon kasek yang akan diusulkan, tentunya sesuai dengan kriteria calon kasek dan sampai saat ini masih dalam proses," ujarnya.

Dikatakan, menjadi seorang kasek saat ini, tentunya tetap mengedepankan keprofesionalan dalam segala hal, artinya tidak hanya mengandalkan pendidikan namun harus memenuhi syarat dan memiliki dedikasi yang tinggi.

Hal ini dilakukan, mengingat Loteng saat ini menunjukkan kemajuannya sangat segnifikan, sehingga hal ini menjadi pertimbangan mengisi jabatan kasek harus benar benar ahli di bidangnya, agar indeks prestasi Loteng kian meningkat. (AP)