Bengkas Maluk Bersama LATS ikut partisipasi Gelar khitanan Massal

Sumbawa Barat- (postkotantb.com) khitanan Massal yang di pelopori oleh Clinik Mirsa,Medical Center,Pengurus Masjid Baburahman dan Organisasi Jereweh Maluk Sekongkang(JMS) Rabu (29/12/21)

"Camat Maluk Syarifuddin S.Pd menegaskan kami tetap selalu mendukung kegiatan apapun yang di lakukan oleh toko masyarakat,kelompok maupun organisasi lainnya selama kegiatan tersebut positif dan mengarah ke kepentingan hajat orang banyak.

Kegiatan semacam ini sangatlah membantu buat masyarakat yang kurang mampu, muda mudahan kegiatan tersebut bisa terus menerus berlanjut.ungkap Syarif

"Sementara ketua penyelenggara Ahmadi amin alamudi menjelaskan ke Awak Media kegiatan ini sifatnya kontinyu setiap tahun hanya untuk tahun ini lebih besar karena terlibat tiga kecamatan.

Mengingat untuk kegiatan tahun ini antusias masyarakat sangat luar biasa, sampai kuota yang kita targetkan melampaui dan insya allah untuk tahun berikutnya kita akan coba lebih besar lagi.ungkap Ahmadi

Di samping itu juga ada dua kecamatan Sekongkang dan Jereweh yang belum maksimal dan hari ini adalah kecamatan Maluk yang lebih dominan.tutup Ahmadi

Khitanan massal ini karena kami ingin mencoba menggalakkan adat seperti tahun kemarin ada barodak bersama gong genangnya dan lain sebagainya.

Di samping itu kami ingin memperkenalkan bagaimana budaya khitanan ini khususnya budaya Sumbawa ke semua suku yang ada di kecamatan Maluk.

Dan target dan sasaran kegiatan ini adalah bagi kalangan yang kurang mampu.tutur Ahmadi

"Sementara ketua Bengkas Maluk Nusantara boy Burhanuddin yang biasa di panggil boy teta organisasi Bengkas Maluk akan selalu mendukung semua kegiatan yang sifatnya positif baik itu dari pemerintah maupun pihak perusahaan,artinya kita mau merubah menset khususnya Masyarakat Maluk tentang arti sebuah kebersamaan sehingga Maluk bisa kita bahasakan sesuai Moto Maluk bersatu.

Boy juga berpesan marilah kita bersama sama saling bahu membahu berat kita pikul bersama yang ringan sama sama kita jinjing.

Dalam kegiatan khitanan yang berlangsung tadi pagi partisipasi Bengkas Maluk Alhamdulillah sukses dan terlaksana tanpa ada kendala apapun.ungkap Boy

"Ketua Lembaga Adat Tanah Samawa (Lats) Junaedi Rayes S. AP. kita hanya sebagai tamu undangan saja dalam kegiatan sunatan massal ini.

Junaedi juga menegaskan kalau kegiatan ini tidak ada kordinasi dengan Lembaga Adat, walaupun seperti itu kami tetap mendukung kegiatan tersebut karena sifatnya positif dan kepentingan ummat.ungkap Junaidi

Jadi untuk kedepan marilah kita bekerja sama saling menghargai satu sama lainnya dan siapapun organisasinya yang ada di tengah Masyarakat baik LSM Bengkas Maluk maupun yang lainnya, itu di bawah naugan Lembaga Adat Tanah samawa (LATS)ungkap Junaedi

Junaedi juga menegaskan, kalau adat bersendi kan sarah dan sarah bersendi kan kitabullah,baru tercapai Moto Maluk bersatu.ungkapnya Junaedi (Erwin)