Cegah Demam Berdarah, PKM Mujur Lakukan Jadwal Secara Teratur PSN

LOTENG, (postkotantb.com)- Mencegah terjadinya penyebaran penyakit demam berdarah saat musim penghujan, khususnya di wilayah kerjanya, Puskesmas Mujur Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng), lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), secara terjadwal.

" Sebagai bentuk tanggungjawab kami terhadap Lima Wilayah kerjanya terhadap penyebaran penyakit demam berdarah selama musim penghujan ini, kami telah memprogramkan  PSN secara terjadwal," kata kepala Puskesmas Mujur I.G.N.B DR Wira Parranatta, Senin (27/12).

Lima wilayah binaan tersebut lanjutnya, seperti Desa Mujur, Marong, Kidang, Sengkerang dan Desa Sukaraja. "Sebelumnya di Desa Marong dan Mujur sudah kita lakukan, desa yang lain menyusul," terangnya.

Melakukan PSN, ini merupakan salah satu langkah mencegah berkembang biaknya jentik jentik nyamuk, mengingat saat ini curah hujan cukup deras, sehingga mengakibatkan banyaknya genangan air. Oleh karenanya, salah satu langkah untuk melakukan pembasmian jentik jentik nyamuk, dengan cara PSN.

Selain PSN pihaknya juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan 3 M, yaitu menguras, menutup dan menguburkan.

"Pencegahan penyakit di musim penghujan, ini adalah tanggung jawab bersama, sehingga kami selalu menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, minimal lakukan 3 M yaitu, menguras, menutup dan menguburkan, termasuk menjaga lingkungan tetap bersih," terangnya.

Diakuinya, beberapa pekan lalu, pihaknya bersama Polsek Pratim, Pemcam, Dikes dan pemdes Marong, telah melakukan Foging, kendati demikian, mohon jangan sekali kali merasa aman dan bebas dari nyamuk, sebab foging hanya membunuh nyamuk dewasa tidak membunuh jentik nyamuk. (AP)