Cerita Haru Sang Pelopor KEK dan Sirkuit Mandalika (4)

Keikhlasan Jokowi Bangun KEK Mandalika, Kini Manfaatnya Dinikmati Hingga di Luar NTB

Imbas diresmikannya Sirkuit Mandalika di Kuta Kecamatan Pujut, ternyata manfaatnya tidak hanya menyasar di Lombok Tengah dan NTB secara menyeluruh, namun ternyata berimbas ke Provinsi Lain seperti di Bali

SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH

KECIPRATAN Hanya baru sekali melaksanakan event bergengsi yakni Event Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika. Imbas kecipratan manfaatnya sudah merambah ke sejumlah provinsi, artinya tidak hanya berimbas ke Lombok Tengah dan NTB secara menyeluruh, namun bisa dinikmati oleh provinsi lain seperti di Bali.

Seperti yang dikatakan mantan Bupati dua periode sekaligus bapak pembangunan Lombok Tengah HM. Suhaili. Kepada Postkotantb.com di kediamannya di Bodak Desa Muntung Terep Kecamatan Praya Lombok Tengah. 

Informasi yang ia terima dari sejumlah sahabat, khususnya di Provinsi Bali, ternyata manfaat keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, telah membuat indeks pendapatan, terutama di bidang perhotelan dan pariwisata di Bali melonjak. Para pengunjung manca negara ternyata banyak yang menginap di Bali sampai ber Minggu Minggu, dan menjelang pelaksanaan IATC dan WSBK, barulah mereka bertandang ke KEK Mandalika.

"Jika kita pikir pikir, para tamu atau penonton dari manca negara termasuk para pembalap IATC dan WSBK, ternyata menghabiskan waktunya di Bali. Jika dua Minggu misalnya berliburan ke Bali sebelum ke KEK Mandalika, bisa dibayangkan berapa miliar kantong saku mereka habis di Bali. Dan ini harus di syukuri ternyata keikhlasan dan keseriusan bapak Presiden RI Joko Widodo telah memberikan manfaat besar kepada provinsi lain di luar NTB," paparnya panjang.

Keberkahan dari keikhlasan bapak presiden yang kita nikmati di pertama gelaran IATC dan WSBK, bisa dipastikan pada event event berkelanjutan, bakal membawa keberkahan lebih bagi Lombok Tengah, NTB dan bahkan Provinsi di luar NTB, seperti Bali.

Oleh karenanya, seperti yang ia katakan sebelumnya, keberadaan KEK Mandalika harus sama sama dijaga, baik Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Pemerintah Provinsi NTB bahkan Provinsi Bali.

"Pada intinya, mengambil hikmah keuntungan sebelumnya, saya berharap terbinanya kebersamaan lingkar provinsi, untuk menjaga KEK Mandalika, utamanya masyarakat lingkar KEK," pintanya.

Aset yang membawa keberuntungan ini lanjut mantan Bupati yang biasa di sapa Abah Uhel, sulit didapatkan oleh daerah lain. Sehingga semua pihak harus saling rangkul, mulai dari tatanan terbawah sampai ke lintas Provinsi. 

Selanjutnya kepada ITDC selaku perusahaan plat merah yang telah di percaya oleh pemerintah, untuk selalu mengedepankan keharmonisan, baik dengan Pemda, pemprov dan masyarakat setempat. Sehingga aset yang kita miliki ini terus membawa kemaslahatan bersama. "Terimakasih pak Joko Widodo, ketulusan dan keseriusan membangun di Lombok Tengah, kendati disetiap Pilpres di NTB selalu kalah telak, semoga apa yang dilakukan di NTB menjadi amal ibadah dan jasa jasamu akan selalu kami kenang," harunya. (Bersambung)