Sambut HAB ke 76 dan HUT MIN I ke 18, Lomba dan Pertandingan Tingkat KKM Digelar


LOTENG, (postkotantb.com)- Menyambut perayaan Hari Amal Bhakti ke 76, yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) MIN I Loteng ke 18. Keluarga besar Kelompok Kerja Madrasah (KKM) tingkat madrasah ibtidaiyah, menggelar berbagi macam lomba dan pertandingan.

Kepala MIN I Loteng Mahruf mengatakan, lomba dan pertandingan dalam rangka menyambut gawe besar Kementerian Agama atau Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76, yang jatuh pada awal tahun 2022 mendatang, pihaknya selaku ketua KKM di MIN I Loteng, sudah mulai meramaikan gelaran sekali setahun tersebut dengan lomba dan pertandingan.

Untuk lomba dan pertandingan tahun ini, pihaknya menggabungkan dengan acara memeriahkan HUT madrasah ke 18.

"Jika tahun lalu, kita adakan terpisah, artinya memeriahkan HAB, panitia Kabupaten langsung melaksanakan lomba dan kami di MIN mendelegasikan peserta, namun karena Pandemi kita laksanakan di masing masing KKM. Karena bertepatan dengan HUT madrasah, sehingga kami gabungkan lomba dan pertandingan memeriahkan HAB dengan memeriahkan HUT madrasah," terangnya, Rabu (15/12).

Adapun lomba dan pertandingan tersebut, ada yang bersifat internal dan eksternal. Untuk internal jenis lomba dan pertandingan yang digelar, diantaranya untuk pertandingan seperti bulu tangkis, bad minton, sepak bola. 

Selanjutnya untuk lomba seperti lomba mewarnai, mendongeng, ceramah da'i cilik dan karoke islami. "Dari semua mata lomba dan pertandingan yang kami sebutkan diatas, sudah berjalan dua pekan dan besok masuk babak final," terangnya. "Untuk lomba dan pertandingan tersebut, diikuti oleh siswa kelas IV sampai kelas VI," sambungnya.

Mahruf menambahkan, sedangkan untuk lomba antar anggota KKM MIN I Loteng, hanya satu mata lomba yakni olimpiade Matematika dan tematik. Dalam lomba ini menggunakan daring zoom melalui ruang guru dan lomba olimpiade ini akan dilaksanakan tanggal 22 - 23 Desember. "Untuk soal dan hadiah, itu langsung di godok dari ruang guru cabang NTB dan Bali," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mensukseskan dan menyemarakkan Lomba mendongeng dan mewarnai, pihaknya sudah menggalang kerjasama dengan susu zee. "Terimakasih kepada susu zee yang telah berkesempatan sebagai sponsor di dua lomba ini," cetusnya.

 Selain itu, pada hari Sabtu 18 Desember, pihaknya bersama siswa kelas 4 5 dan 6 akan melakukan penanaman 1000 pohon di sekitar bendungan Batujai, sebagai penutup seluruh mata lomba di internal madrasah. 

"Untuk penanaman pohon ini kita lakukan atas kerjasama dengan pihak pemerintah Kelurahan Leneng Loteng," tutupnya. (AP)