SMKN 1 Alas Sudah Melaksanakan Tatap Muka 100 Porsen

Foto Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Budi Susilo S.Pd M.M Inov Bersama Kepala Seksi Kelembagaan Peserta Didik Dikbud Sumbawa beserta guru

Sumbawa Postkotantb.com - Suasana belajar mengajar di SMKN 1 Alas, tampak kembali normal.

Dari kejauhan, terdengar riuh para murid di kelas yang menjawab pertanyaan gurunya.

Suara sang guru juga tak kalah lantang menjelaskan pelajaran di hadapan para murid.

Sebagaimana instruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi NTB ini adalah hari ke empat pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang digelar di seluruh sekolah di Propinsi NTB 

"Sudah terkendali. Aman," ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Budi Susilo S.Pd M.M Inov saat ditemui Postkotantb.com di ruang kerjanya, yang kebetulan pada saat itu  ada bersama Kepala Seksi kelembagaan dan Peserta didik KCD Dikbud Sumbawa, Baharuddin SH, Rabu (5/1/22)

Menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Budi Susilo mengatakan, untuk menyambut PTM yang kembali 100 persen ini, pihaknya melakukan beberapa persiapan.

Salah satunya menyiapkan kelengkapan sarana dan prasarana protokol kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga ruang isolasi.

"Murid-muridnya juga sejauh ini lengkap dan tidak ada keluhan dari mereka," kata Budi.

Selain itu, Budi mengeklaim, tidak ada orang tua murid yang berkeberatan dengan pelaksanaan PTM 100 persen itu.

Terlebih lagi, sebelum PTM 100 persen digelar, pihak sekolah sudah melakukan pertemuan virtual dengan para orang tua untuk membahasnya.

"Sejauh ini tidak ada sanggahan dari orang tua. Kami diskusi juga lewat Zoom Meeting dengan orang tua dan masih aman saja," ujar dia.

Lanjut Budi dengan berlangsung tatap ini, kami pihak sekolah telah mempersiapkan anak didik dengan 5 poin.

1.  Mempersiapkan siswa untuk direkrut oleh perusahaan

2. Persiapan siswa pada bulan Pebruari akan mengikuti seleksi untuk diberangkatkan ke Jepang, 

3. Persiapan untuk klas 12  kami bekerja sama dengan Danramil alas untuk melakukan persiapan bagi siswa yang akan mengikuti tes masuk TNI - Polri.

4. Kami mempersiapkan anak anak untuk bisa masuk ke perguruan tinggi dengan melakukan pengayaan.

5.  Kami mempersiapkan anak anak bagi yang ingin melakukan biro usaha, kami  pihak sekolah sudah menyiapkan program  sekolah pencipta biro usaha, terang Budi Susilo.

"Dengan persiapan yang matang maka kami pihak sekolah yakin bahwa tatap muka 100 Porsen ini akan berjalan seperti biasanya saat sebelum pandemi, " imbuhnya.

"Kayaknya sudah aman. Jadinya tidak jenuh lagi," kata kepala sekolah.

Namun, hari ini Budi Susilo merasa senang karena para murid bisa kembali sekolah seluruhnya,ungkapnya.

Sementara ditempat sama Kepala seksi kelembagaan peserta didik Dikbud Sumbawa  Baharuddin SH mengatakan, siswa maupun para guru diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terlebih bagi siswa yang belum divaksinasi.

Meskipun sekolah bisa kembali menggelar PTM 100 persen, tetapi pihak sekolah harus melakukan persiapan yang matang Prokes Covid 19 dengan menyiapkan tempat tempat mencuci tangan, jauhi kerumunan dan selalu menggunakan masker.ungkapnya.

" Ia Berharap agar siswa dan guru setiap hari pada saat berlangsungnya belajar mengajar agar tetap menjalankan  Prokes covid 19 dengan maksimal, "harap Baharuddin.(lalu)