Breaking News

Syamsul Luthfi! Bendungan Meninting Tuntas, Dam Mujur Menanti

 


Loteng, (postkotantb.com)- Tahun 2023, pembangunan Dam Mujur dipastikan mulai dibangun.

Demikian dikatakan anggota DPR RI HM. Samsul Luthfi saat di konfirmasi media ini di salah satu hotel di Mataram, Rabu (9/2/22).

Kenapa harus tahun depan lanjutnya, sebab tahun kemarin dan tahun ini, di NTB ada beberapa proyek Dam yang sedang dibangun termasuk bendungan meninting Lombok Barat dan bendungan Bintang Bano Sumbawa.

Sehingga di khawatirkan di parlemen senayan, NTB tidak dinilai terbanyak tempat pembangunan Dam, sehingga untuk pembangunan Dam Mujur akan diusahakan masuk di tahun 2023 mendatang.

Namun lanjut mantan Wabup Lotim ini, di tahun 2023 persoalan lahan sudah tidak ada masalah, oleh karenanya pihaknya berharap sinergitas antara Pemda dan Pemprov harus seirama dalam menuntaskan lahan tempat dibangun Dam Mujur.

"Pusat siap menganggarkan anggaran untuk pembangunan, sedangkan lahan itu tanggung jawab Pemda dan Pemprov, oleh karenanya saya berharap di tahun 2023 persoalan lahan sudah ACC," pintanya.

Dikatakan, membangun Dam Mujur sebenarnya tidak sulit, sebab setelah dilakukan sosialisasi tidak ada perlawanan masyarakat, seperti  saat dibangunnya bendungan Pandan Duri Lombok Timur.

Dimana saat dibangunnya bendungan pandan duri, perlawanan masyarakat sangat kencang, sedangkan di lokasi rencana pembangunan Dam Mujur, penolakan tidak terlihat, cuman masyarakat ingin kepastian saja dan itu harus dipenuhi Pemprov ataupun Pemda Loteng.

"Kalau mengambil sejarah pembangunan bendungan, saya rasa di Loteng semua menerima, hanya saja masyarakat yang kena pembangunan Dam Mujur, butuh kepastian dan ini harus dijawab Pemprov dan Pemda," ujarnya.

Selanjutnya masalah manfaat, Dam Mujur ini memiliki potensi sangat besar, dalam mengimbangi kemajuan pembangunan di Loteng. Salah satu contoh adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kuta.

Dengan adanya kek Mandalika ini, tentunya kebutuhan semakin tinggi, keberadaan Dam Mujur dinilai mampu memenuhi seluruh kebutuhan tersebut, terutama dalam hal pertanian dan pasokan air.

"Pada intinya jika air sudah terpenuhi, lahan lahan kering yang sebelumnya tidak bisa dimanfaatkan secara optimal, bisa di manfaatkan dengan baik, sehingga beberapa kebutuhan akan sayur mayur dan lainnya bisa di suplai ke KEK Mandalika," ungkapnya.

Selain bisa memenuhi kebutuhan KEK Mandalika, NTB yang disebut lumbung lumbung pangan bisa terpelihara.

"Yang jelas, semua DPR dapil NTB, sudah sepakat untuk memperjuangkan pembangunan Dam Mujur ini, paling tidak di era presiden Joko Widodo pembangunan ini sudah selesai. Jika sudah beroperasi insyaallah selogan NTB lumbung pangan bisa kita pertahankan," tutup politisi Nasdem ini. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close