Breaking News

40 Kelompok Pegiat Literasi Bakal Ramaikan Ramadhan, di Kantor Perpustakaan Loteng

 


Lalu Rinjani kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Loteng
 

Loteng, (postkotantb.com) - Sebanyak 40 pegiat pecinta membaca se Lombok Tengah (Loteng), bakal meramaikan bulan Ramadhan dengan berbagai macam lomba.

Perlombaan tersebut direncanakan akan dipusatkan di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Loteng, yang akan dibuka Jum'at 8 April mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Loteng, Lalu Rinjani membenarkan kalau, Jum'at ini ada 40 kelompok pegiat pecinta membaca, akan mengadakan lomba di kantor Dinas.

"Ia memang benar dik, para pegiat pecinta membaca se Loteng yang jumlahnya sekitar 40 kelompok, bakal Adakan Lomba di kantor," Katanya di Kantor Bupati Loteng Rabu (6/4).

40 pegiat tersebut lanjutnya masuk dalam pegiat Literasi yang artinya seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dimana mereka ini, orang-orang yang ahli dan pecinta membaca. "InsyaAllah, meramaikan bulan Suci ramadhan, mereka akan mulai mengadakan lomba mulai besok jum'at 8 April dan puncak kegiatan, insyallah akan dilaksanakan 27 April 2022 mendatang," Terangnya.

Adapun jenis lomba yang akan Dilombakan diantaranya, lomba membaca, cerita perjalanan Rasulallah dalam berdakwah menyebarkan agama Islam, bercerita tentang turunnya Al Qur'an sebagai Pedoman hidup manusia, keutamaan bulan Ramadhan dan beberapa lomba lainnya.

Selain itu, para komunitas ini juga akan mengadakan pengajian pengajian dan ceramah termasuk lomba yang da'i cilik.

"Intinya dalam lomba yang dilaksanakan selama dua minggu ke depan, akan dipusatkan di kantor dan pastinya di kantor Dinas bakal ramai dengan agenda bernuansa Islam," Ungkapnya.

Sedangkan kapasitas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, hanya memfasilitasi seluruh kegiatan termasuk hadiah, pihak Dinas juga sudah menganggarkannya.

"Kami selaku tuan rumah, siap jadi tuan rumah baik untuk peserta dan panitia," Janjinya

Dijelaskan, 40 kelompok komunitas pegiat literasi tersebar di masing masing desa dan kelurahan, yang sudah dibina oleh Dinas. Keberadaan mereka sudah memiliki struktur keorganisasian, mulai dari ketua dan seterusnya, dan kelompok inilah nantinya akan menyamun di kantor mengadakan lomba dan pengajian selama dua pekan. (Ap).

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close