Breaking News

Babinsa Koramil Pratim, Genjot Sumber Daya Masyarakat Melalui Komsos

 


Loteng, (postkotantb.com) - Babinsa Koramil 1620-08/Praya Timur Lombok Tengah, tiada henti terus mendampingi masyarakat dan mendorong agar terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti yang dilakukan Babinsa Desa Mujur Kecamatan Praya Timur, Sertu Hartawan di dusun Muntung Inggu desa setempat.

Memberikan pendampingan kepada masyarakat dan peningkatan SDM tersebut dikemas dalam program Komunikasi Sosial (Komsos).

Sertu Hartawan mengatakan, dalam program komsos lebih mengedepankan membahas SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif, guna kepentingan ekonomi warga dan demi kesejahteraan masyarakat. Sehingga pilihan metodenya bisa tepat guna serta tepat sasaran.

Tepat sasaran lanjutnya, pihaknya lebih mengedepankan metode pendekatan melalui komunikasi yang meliputi Menyelami, Menghubungi, Merayu dan Mengajak (Lambung Rujak), yang disesuaikan dengan keadaan tipologi wilayah serta kearifan lokal daerah setempat.

"Melalui kegiatan ini saya mengajak warga untuk berfikir, sekaligus ajang bagi kami selaku Babinsa untuk melihat dan melatih insting, sehingga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh warga binaan," Kata Sertu Hartawan.

Terpisah, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan kegiatan komsos oleh Babinsa tersebut merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang mutlak harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI terutama aparat teritorial (Babinsa).

Karena menurutnya, penajaman Binter melalui Komsos dinilai efektif untuk menciptakan tujuan Pembinaan Kemampuan Wilayah (Binwanwil) di wilayah binaan teritorial.

Dandim juga menuturkan kegiatan Komsos memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga keutuhan wilayah, sekaligus melestarikan budaya silaturrahmi.

"Dengan Komsos diharapkan dapat menjaga konsisten, kebersamaan, dan memberi dampak positif bagi masyarakat, serta pengaruh yang luas sesuai tujuan Binter," Ujarnya.

Karena itu, Dirinya meminta agar para Babinsa dapat melaksanakan budaya Komsos setiap saat, di manapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun.

"Kembangkan terus metode Komsos dengan memperkaya inisiatif, kreatif, inovatif dan rekreatif sesuai lingkungan yang dihadapi," Ucapnya.

Sebagaimana tujuan Binter yang selaras dengan jati diri TNI dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, maka tak heran jika kemampuan komsos seorang Babinsa yang berkualitas akan mampu merebut simpatik masyarakat untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close