Breaking News

Cara Merawat Tanaman Dengan Pupuk Organik Cair dari Cucian Beras

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Pelatihan Tematik kepada delapan (8) KWT ini masing masing dengan dua Nara Sumber selama dua hari berlangsung.

Nara sumber : Jaharudin

Setelah sehari berlangsung kegiatan Pelatihan Tematik P2L khusus di "KWT Tamara" dusun Gol Desa Medana di perktekkan cara mengolah media Tanam Organik (cara dan perbandingan campuran, tanah kandang, Tanah Biasa dan cocopid serbuk kelapa) dan Membuat POC dari Limbah Rumah Tangga oleh Nara sumber Jaharudin,S.Sos yang di dampingi Gita Sanjaya, SP.
 

Berikut, " Manfaat air cucian beras dapat diolah menjadi pupuk organik cair (POC) untuk menyuburkan tanaman".

Setiap 2 hari sekali setidaknya satu keluarga memasak beras untuk dikonsumsi. Biasanya, sebelum beras dimasak, terlebih dahulu beras dicuci dengan air bersih sebanyak 2-3 kali untuk menghilangkan debu dan kotoran yang terbawa oleh beras.

Sayangnya, air cucian beras tersebut sering berakhir di parit dan menjadi limbah. padahal, terdapat beberapa manfaat bila air cucian beras tersebut di olah menjadi pupuk organik cair (POC) untuk menyuburkan tanaman.


Ternyata air limbah cucian beras mengandung beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein, nitrogen, fosfor, kalsium, kalium, dan zat pengatur tumbuh yang berfungsi seperti hormon pada tanaman (Jaharudin, Ketua Organisasi Pemerhati Alam dan Lingkungan OPAL KLU).

Selain itu, POC air cucian beras juga menghasilkan beberapa mikroorganisme yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman seperti bakteri Pseudomonas fluorescens yang membantu pertahanan tanaman dalam menghadapi serangan penyakit terutama pada bagian akar.

Pemanfaatan POC air cucian beras telah diteliti hasilnya pada selada dan cabai. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa POC air cucian beras mampu meningkatkan tinggi tanaman dan jumlah daun pada kedua tanaman.

Air cucian beras dapat disiramkan langsung ke tanaman atau diolah menjadi POC terlebih dulu untuk memaksimalkan potensinya. Pembuatan POC air cucian beras sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Air cucian beras sebanyak 10 liter ditambahkan dengan cairan EM4 sebanyak 100mL dan gula merah cair sebanyak 100 mL

Campurkan dengan rata dan simpan pada wadah yang kedap udara dan tertutup rapat

Diamkan selama 7 hingga 10 hari. POC akan mengeluarkan busa di permukaan cairan dan bau yang khas segar hasil fermentasi.

Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti buah-buahan yang sudah dihaluskan terlebih dulu. POC air cucian beras siap diaplikasikan ke tanaman dengan dosis 1 gelas (250ml) untuk 1 liter air. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close