Breaking News

Tingkatkan Kapasitas Lingkungan Hidup Melalui Proklim dan Adiwiyata.

 


Lombok Timur,  (postkotantb.com) -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur melalui Kepala Bidang Panataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PPKLH) Makripatullah mengatakan, DLH kabupaten Lombok Timur memiliki program unggulan dalam meningkatkan kapasitas lingkungan hidup, yakni program Proklim dan Adiyasa.

Perogram yang dimaksud tersebut adalah program kampung iklim (Proklim) dan program pendidikan lingkungan hidup dilingkungan Sekolah atau Adiwiyata.

Hal tersebut disampaikan  Makripatullah saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (16/6), "Program proklim dan Adiyasa ini kita laksanakan dengan anggaran hanya 40 juta di tahun 2022 ini,  Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Lombok Timur 1.300 misalnya, ini merupakan nilai yang sangat kecil, karena jika 40 juta kali 1.300 ribu, maka anggaran untuk satu bibit pohon bisa sama sama 33 ribu rupiah, jadi sangat minim sekali jika anggaran ini untuk mendukung perbaikan lingkungan dengan program Proklim ini, "beber Makrifatulloh.


Dia menambahkan, pada tahun 2022 ini , akan melakukan uji kembali akan Indeks kwalitas Udara (IKU) dan Indeks Kwalitas Air (IKA), apakah naik atau turun. Kalau dia turun apa yang harus kita lakukan selanjutnya., imbuhnya.

Untuk itu lanjut Makrif, sapaan akrabnya " Kita akan melakukan penanaman kembali pohon pohon bersama kelompok masyarakat, bersama kelompok pemerhati lingkungan, seperti yang telah kami lakukan di Otak Koko Mencerit, dengan menanam bibit pohon seperti pohon beringin dan pohon Are, yang bisa menyerap Air, "katanya.
        
Apa upaya selanjutnya untuk menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam bersama masyarakat,, kata Makrif selanjutnya, pihaknya dalam hal ini DLHK Kabupaten Lombok Timur, dengan membuat pupuk Kompos di lingkungan tempat pembuangan akhir Sampah (TPA) Ijobalit kelurahan Ijobalit kecamatan Labuhan Haji, kalau disebar ke lokasi dimana titik titik tempat penanaman pohon tadi, kemudian Makrif berharap kepada semua masyarakat Lombok Timur, agar giat menanam pohon, jika tidak sempat menanam pohon di alam terbuka maka tanamlah pohon dihalaman atau lingkungan sendiri. "Harapnya.(Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close