Breaking News

Raup Hasil Puluhan juta: Kelompok Tani "Berkah Bersama", Panen Tomat dan Cabe di Lahan Tegalan

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Bertani di lahan tegalan memiliki prospek menjanjikan bila dilakukan dengan tekun dan kerja keras, sebagaimana yang dilakukan petani tomat " Berkah Bersama" dusun Lendang Galuh, desa Sokong kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.Taufik Hidayat, bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah sekali musim bertanam tomat pada luasan 8 are. 

Dia menjelaskan,Tanaman tomat masuk dalam jenis tanaman jangka pendek yang usianya hanya bisa mencapai tiga hingga 4 bulan paska tanam. Menurut dia, dalam satu kali musim, Ia bisa panen 20 kali dan setiap satu kali panen meraup omset Rp 2.500.000.

Pemeliharaan tanaman tomat juga tidak terlalu membutuhkan perawatan serius, hanya memerlukan pengolahan tanah dan pemupukan serta pemberian pestisida dalam dosis yang diperlukan agar tanaman tomat bisa menghasilkan buah banyak. Tutur Taufik Hidayat

Taufik mengaku, setiap kali musim tanam untuk satu kilogram bibit bisa medatangkan keuntungan antara Rp 50 juta hingga Rp  60 juta,  bila harga tomat sedang tinggi seperti sekarang ini, bebernya.

Selain tanaman tomat, Taufik juga menanam cabe yang tak kalah hasilnya mencapai 3 ton sekali tanam pada areal 28 are. Lahan tegalan non produktif menjadi produktif setelah dikelola oleh Kelompok "Berkah Bersama" dengan luas sekitar sekitar satu hektar tujuh belas are.

Kini tanaman tomat yang dia tanam sudah berpariasi, ada yang sedang di panen dan baru tanam berkisar 1 bulan.
Tanaman tomat itu ditanam berbanjar rapi dengan jarak tanam antara 20 x 75 cm. Peda setiap batang ditancapkan batang bambu setinggi dua meter tempat mengikat batang tomat agar tumbuh lurus keatas.

Bersebelahan dengan tanaman cabe yang baru mulai berbuah lebat. Diperkirakan harga cabe cukup tinggi, sehingga di prediksi sangat menjanjikan jika menghitung musim tanamnya, kata Taufik. (@ng).


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close