Breaking News

Gernas BCL, Camat Ampenan Kolaborasi Bersihkan Sampah Pesisir Pantai

Dok. RIN.

Mataram, (postkotantb.com) - Dalam rangka Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL), seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan Ampenan dikerahkan untuk bersih-bersih sampah di Pantai Skip, Kelurahan Ampenan Selatan, Kamis (27/10/2022).

Gernas BCL, merupakan gerakan kolaborasi yang melibatkan lurah se Kecamatan Ampenan, sejumlah OPD lingkup Pemerintahan Kota Mataram, TNI-Polri, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokwasmas), Kelompok Nelayan, serta mahasiswi Universitas Mataram (Unram).

Dalam kesempatan tersebut, Camat Ampenan, Muzakkir Walad, menuturkan, Gernas BCL merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Dinas Perikanan Kota Mataram. Dengan tujuan mengajak masyarakat agar lebih mencintai kebersihan pantai dan laut.

"Penentuan untuk lokasi kegiatan ini dasarnya dari inisiasi bersama masyarakat dan OPD," ungkap Camat Ampenan, Muzakkir Walad, usai mengawal pengangkutan sampah dari pantai Skip.

Diakui Muzakkir, belakangan ini kesadaran masyarakat terhadap kebersihan mulai meningkat. Namun demikian, pelaksanaan Gernas BCL, pun kian memupuk kesadaran masyarakat khususnya pengunjung, tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan ekosistem laut.

Di sisi lain, kata Muzakkir, Pantai Skip merupakan salah satu spot berkegiatan masyarakat yang memiliki daya tarik wisata, salah satunya Sunset view atau Sunset Point. Sehingga, aspek kebersihan pantai, menjadi hal yang sangat penting.

"Yang lebih penting bagaimana 9 kilometer pesisir pantai di Kecamatan Ampenan bisa menjadi potensi ekonomi nelayan. Sepanjang pesisir pantai di kecamatan, punya sunset view yang sangat indah," bebernya.

Senada disampaikan, Lurah Ampenan Selatan, Erma Suryani. Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian dari upaya dalam mendorong kegiatan kebersihan, sebagai tradisi. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat, utamanya pengunjung agar senantiasa menjaga kebersihan.

"Menjaga kebersihan ini adalah tugas bersama. Apalagi Pantai Skip ini merupakan representatif untuk kegiatan  olah raga serta event seni dan budaya," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram, H. Irwan Harimansyah, berharap, kegiatan bersih-bersih pantai ini dapat menjadi agenda rutin pihak kecamatan dan lurah, minimal sekali dalam sebulan.

Karena menurutnya, upaya menumbuhkan serta memupuk kesadaran masyarakat, harus dilaksanakan secara bertahap. "Jadi tidak hanya sebatas momentum Gernas BCL;" pesannya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close