Breaking News

Polres Lobar Lakukan Edukasi dalam Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

 


Lombok Barat, (postkotantb.com)  - Dalam penanganan terkait dengan perlindungan terhadap Perempuan dan Anak, Polres Lombok Barat juga melakukan upaya-upaya pencegahan secara humanis, Rabu (23/11/2022).

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kasat Reskrim Iptu I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K mengatakan salah satunya melalui kegiatan Edukasi. Bersama dengan KBO Reskrim Iptu Dina Rizkiana, S.Tr.K beserta personel Unit PPA Polres Lombok Barat menyambangi salah satu Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Lembar.

“Terkait dengan perlindungan terhadap Perempuan dan Anak merupakan salah satu perhatian kami, baik itu kekerasan fisik, psikis, eksploitasi, trafficking, penelantaran dan bentuk kekerasan lainnya,” ungkapnya.


Sehingga pihaknya tidak hanya melakukan penindakan yang bermuara kepada penegakan hukum, namun juga melakukan pendekatan dalam pencegahannya.

“Tentunya membutuhkan peran serta masyarakat, dengan memberikan pemahaman-pemahaman, untuk menekan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak terjadi di Wilayah kita,” ujarnya.


Dengan mengintensifkan koordinasi, serta menggandeng tokoh-tokoh, baik itu tokoh Masyarakat, tokoh Agama, hingga kepada tokoh perempuan.

“Saya rasa bila ini terus dijalankan dengan baik, memilki dampak kepada Masyarakat untuk memahaminya. Bahwa apapun bentuknya, kekerasan terutama terhadap anak memilki efek negatif yang dapat dialami seorang anak saat menjadi korban kekerasan,” pungkasnya.

Sehingga selain melakukan pendekatan melakukan edukasi, juga memberikan perhatian, kali ini kepada membutuhkan bantuan. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan kaum lansia juga rentan menjadi korban kekerasan.

“Hari ini, kami dari Sat Reskrim Polres Lombok Barat, melakukan bakti sosial membagikan sejumlah paket sembako kepada anak yati piatu dan lansia. Guna memberikan dorongan, serta semangat dan harapannya dapat bermanfaat untuk Masyarakat,” imbuhnya.

Kasat Reskrim berharap, dengan melalui langkah-langkah pencegahan ini, tidak ada lagi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Wilayahnya.

“Seperti penelantaran anak dan bentuk kekerasan lainnya. Kepada Masyarakat juga kami mohon untuk menginformasikan bila menemukan adanya kasus seperti ini,” imbaunya.

Kali ini, Sat Reskrim Polres Lombok Barat, membagikan 30 paket sembako kepada lansia, di Lembaga Kesejahteraan Sosial Ar-Rahman Lembar.

Sementara itu, Rahman zainudin spd selalu ketua LKS Ar-Rahman Lembar menyambut baik kegiatan dari Sat Reskrim Polres Lombok Barat ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Polres Lobar yang telah memberikan perhatian kepada para lanjut usia yang ada di desa lembar selatan ini,” ungkapnya.

Menurutnya masih banyak para lansia yang perlu dan sangat membutuhkan bantuan itu sehingga kedepan bisa lebih banyak mengakomodir terkait datanya.

 “Sehingga masyarakat kami di desa lembar selatan terutama para lansia bisa merasakan dan bisa menikmati kebutuhan yang diperlukan oleh para lansia ini,” tandasnya. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close