Breaking News

Semua Usulan Musrenbang Kabupaten Loteng, Dijawab Bupati Pathul dengan Kata "Kondisi".

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Beragam usulan yang tertuang dalam kegiatan Musrenbang Kabupaten Lombok Tengah baik dari wali amanah dan kalangan DPRD lewat serapan aspirasi masyarakat, hampir mengisi pos-pos ditiap bidang.

Dalam penyampaian pokok-pokok pikiran, Ketua DPRD Lombok tengah, M. Tauhid mengurai segala kebutuhan pengembangan dan pembangunan prioritas terutama dibidang pendidikan dan kesehatan.

" 2024, Pendidikan jadi fokus, menyusul Kesehatan mendapat alokasi pokir besar capai 40 persen," paparnya.

Begitupun bidang lain mulai dari kepemudaan dan olahraga, infrstruktur, persoalan limbah, pengelolaan sampah, RTLH, keperluan air, perikanan kelautan, pertanian, peternakan, pariwisata, tenaga kerja, perindustrian perdagangan, agama, hingga perpustakaan dan arsip. Seluruhnya bersifat urgent.

Item lain tak kalah penting yakni kebutuhan terop dan sound system yang kerap diminta saat reses. Meskipun tidak bisa diakomodir tapi sudah jadi hal mendasar dalam mendukung kegiatan sosial dan keagamaan.
"Sampai hal semacam itupun kami dorong untuk dikaji agar bisa dipertimbangkan," ujarnya.

Bupati Lombok Tengah, HL. Pathul Bahri mengawali tanggapannya dengan kata "Kondisi".

Ia menganalogikan, jika Pemda pekerjaannya hanya membangun jalan saja butuh 3 triliun.Tapi konsekuensinya tidak makan selama 2 tahun.

Maka, lugas Pathul, Pemerintah dalam hal ini tidak pernah salah. Ada pekerjaan yang penting semua, namun ada juga yang penting mendesak.

"Dari itu kita bermusrenbang untuk menentukan skala prioritas yang paling penting dan mendesak agar keuangan bisa berjalan sesuai hajat APBD," harapnya.

Jika mengacu perkembangan globalisasi yang semakin penuh tantangan dan tuntutan. Maka pembangunan SDM lah yang utama.Harus pintar dan sehat sesuai atensi Pemerintah Pusat yang menitik beratkan pendidikan dan kesehatan.

Kenapa ? Karena kalau sudah sehat pasti akan pintar dan cerdas untuk mengupayakan segala sesuatu.

Karena itu, Pathul mengintruksikan semua OPD harus berinovasi agar seluruh elemen bersatu, berkolaborasi, bersinergi untuk bisa menghasilkan dan meningkatkan pundi-pundi PAD.

Diketahui, Musrenbang Kabupaten tahun 2023 diselenggarakan di Ballroom Kantor Bupati Lombok Tengah, kamis, (06/04/2023). Mengusung tema " Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia dan Inovasi Daerah Menuju Akselerasi Ekonomi Berkelanjutan ".

Adapun prioritas pembangunan Daerah 2024 antara lain : 1. Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan, 2. Meningkatkan Mutu Layanan Kesehatan dan Rujukan, 3. Standarisasi Produk Unggulan Daerah, 4. Peningkatan Produktifitas mutu produk pangan, 5. Tingkatkan Kompetensi Tenagakerja dan perluasan kesempatan kerja, 6. Peningkatan kualitas jalan dan cakupan layanan irigasi, 7. Memperkuat Ekosistem Kepariwisataan Daerah, 8. Peningkatan kuaitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana, dan 9. Peningkatan kualitas pelayanan publik dan menjaga stabilitas sosial kemasyarakatan. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close