Breaking News

Lombok Barat Gelar Pemda Menyapa Desa Edisi Kemerdekaan di Nambung

 


Bupati Fauzan Khalid beri sambutan pada acara Pemda Menyapa Desa". Kegiatan Pemda Menyapa Desa Edisi Kemerdekaan digelar di lapangan Nambung Dusun Bange Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong Lobar Selasa (15/8/2023). FOTO IST/POSTKOTANTB.COM


Lombok Barat (postkotantb.com) -  Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 diisi dengan pendekatan pelayanan kepada masyarakat dengan tajuk "Pemda Menyapa Desa". Kegiatan Pemda Menyapa Desa Edisi Kemerdekaan digelar di lapangan Nambung Dusun Bange Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (15/8/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid, Sekda Kab. Lobar H.Ilham, Ketua Tim PKK Kab. Lobar Hj.Khaeratun Fauzan, Asisten Setda Lobar, Kepala Bapenda Provinsi NTB, Kepala BPJS Cabang NTB, Anggota DPRD Kab. Lobar Dapil Sekotong-Lembar H.Abdul Majid dan H. Herman, Kepala OPD Lingkup Pemkab Lobar, Forkopimcam Kec. Sekotong,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Pemda Menyapa Desa sudah lama direncanakan untuk dilaksanakan di Desa Buwun Mas. Pemda sudah menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan ini untuk dilaksanakan di Lapangan Nambung Buwun Mas. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat baik pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, perbankan dan lain-lainnya.


"Kegiatan Pemda Menyapa Desa sudah lama direncanakan di Desa Buwun Mas, agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal", tuturnya.

Bupati H.Fauzan Khalid mengatakan juga bahwa wilayah Kecamatan Sekotong kedepan akan memberikan kontribusi yang besar kepada Kabupaten Lombok Barat. Hal ini mengingat Wilayah Kecamatan Sekotong memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan memiliki wilayah yang luas.

Oleh karena itu, tugas masyarakat dan pemerintah adalah menyiapkan anak-anak generasi penerus yang cerdas berkualitas secara pendidikan dan kesehatan. Di bidang infrastruktur menuju wilayah Nambung Buwun Mas Pemda dan Pemprov NTB telah membuat Perda pembangunan jalan dari Pelabuhan Gili Mas-Mareje-Nambung-KEK Mandalika.

"Kecamatan Sekotong akan menjadi masa depan Lombok Barat karena memiliki Sumber Daya Alam melimpah dan wilayahnya luas. Kedepannya 5-10 tahun Sekotong akan menjadi masa depan Lobar", ujarnya.

H. Fauzan Khalid juga menyampaikan bahwa Kabupaten Lombok Barat akan segera melaunching Lobar Menuju Universal Health Coverage (UHC) 95% tahun 2023. Hal ini ditandai dengan tercapainya target masyarakat Lombok Barat memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Untuk memperoleh jaminan kesehatan masyarakat Lombok Barat hanya dipersyaratkan memiliki KTP Lombok Barat.

Dengan demikian masyarakat Lombok Barat yang belum memilik KTP agar segera mengurus ke Kantor Camat atau Dinas Dukcapil. Para Camat dan Kepala Desa diharapkan mendorong dan memfasilitasi masyarakat agar segera memiliki KTP di wilayah masing-masing.

"Kita akan segera melaunching Lobar UHC (Universal Health Coverage) 95% keikutsertaan jaminan kesehatan, syaratnya memiliki KTP Lobar. Tolong dorong dan fasilitasi masyarakat memiliki KTP. Dukcapil siap melayani, minta bantuan Kades dan Camat untuk mensosialisasikan", imbuhnya.

Bupati H. Fauzan Khalid menyinggung terkait dengan masalah batas wilayah Nambung yang sempat digugat oleh Lombok Tengah, Masyarakat diharapkan untuk tetap tenang, menjaga ketertiban dan keamanan, tidak membuat keributan. Serahkan urusan perbatasan ini kepada Pemda karena Pemda telah membuat langkah-langkah taktis dan dipastikan semua akan selesai secara baik karena nambung secara sah adalah wilayah Lombok Barat.

"Masalah batas wilayah saya minta masyarakat tidak usah ribut, Insya Allah aman kita yakin karena kita sudah lakukan langkah taktis. Secara yuridis nambung adalah wilayah Lombok Barat. Tentunya kita selesaikan segala sesuatu dengan baik dan tenang serta sesuai aturan yang berlaku", tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Buwun Mas Rochidi menyampaikan apresiasi masyarakat Buwun Mas atas terselenggara kegiatan Pemda Menyapa Desa di Lapangan Nambung Dusun Nambung Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong. Wilayah Nambung merupakan daerah pariwisata yang memiliki destinasi wisata sangat indah di daerah perbatasan. Pemdes berharap dimasa akhir jabatan pasangan ZAITUN, masalah perbatasan dapat segera diselesaikan dengan baik agar menjadi kado terindah buat masyarakat Buwun Mas.

"Apresiasi kami sampaikan atas terselenggaranya Pemda Menyapa Desa di Dusun Bange Desa Pengantap, Nambung adalah destinasi wisata terindah di perbatasan. Akan menjadi kado terindah bila masalah perbatasan ini selesai dengan baik oleh pasangan ZAITUN", ungkapnya.

Sedangkan salah seorang tokoh masyarakat Desa Buwun Mas H. Abdul Majid menyampaikan apresiasi kepada Pemda Lobar yang telah membangun sinergisitas dan kolaborasi dengan semua jajaran dan berbagai pihak dalam menyelesaikan masalah wilayah Nambung.H.Abdul Majid yang juga anggota DPRD Kab. Lombok Barat Periode 2019-2024 menyampaikan dukungan DPRD Lombok Barat kepada Pemda Lobar dalam upaya menjaga dan mempertahankan wilayah Nambung milik Lombok Barat. Karena di Nambung banyak potensi dan harapan dari masyarakat untuk terus dikembangkan dan dimajukan.

"Salut atas upaya Pemda dalam membangun sinergis dan kolaboratif dengan semua jajaran untuk masalah Nambung. DPRD mendukung Pemda untuk mempertahankan Nambung, ada harapan dan potensi yang akan diperjuangkan dan dikembangkan", sampainya.

Kegiatan Pemda Menyapa Desa dalam rangka Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-78 dimeriahkan dengan berbagai macam pelayanan diantaranya pelayanan administrasi  kependudukan, pelayanan kesehatan, pasar murah, pelayanan perbankan dan lain-lainnya.


Disamping itu dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan masing-masing bantuan sebesar 42 juta perorang. Kegiatan semakin semarak dengan hiburan dari artis papan atas Sasak Erni Ayuningsih yang membuat masyarakat semakin banyak semangat menghadiri kegiatan. (Babe)


0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close