Breaking News

Gawe Adat Desa Sapit Persatukan Masyarakat, Ini Harapan Bupati Sukiman Azmy

 


postkotantb.com/Multasri Biro Lotim


Lombok Timur (postkotantb.com) - Bupati Lotim HM Sukiman Azmy membuka kegiatan Gawe Adat di Desa Sapit pada Rabu (13/9/2023). Pembukaan berlangsung meriah dan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat desa setempat, termasuk dari Majlis Adat Sasak. Seperti diketahui, Desa Sapit merupakan salah satu dari ratusan desa di Lotim yang kerap melakukan gawe adat.

Sementara, dalam sambutannya Bupati Sukiman Azmy mengapresiasi semangat masyarakat Desa Sapit yang senantiasa melestarikan adat istiadat dan peninggalan leluhur. Menurutnya tidak banyak desa yang melakukan hal serupa.


''Adat istiadat yang dipelihara dengan baik akan mendatangkan banyak manfaat,'' ujar mantan Dandim 1615/Lotim ini.

Selain itu, dalam sambutan singkatnya sebelum membuka acara yang juga diisi pengukuhan pengurus majelis adat tersebut, Bupati menyampaikan, adat istiadat yang ditinggalkan para pendahulu menyimpan jati diri masyarakat Sasak yang tangguh dan ksatria. Karena itu, ia berharap adat istiadat tersebut tidak hanya dipertahankan, tetapi juga dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus.


Sementara itu, Kepala Desa Sapit Sriatun menyebutkan, gawe adat ini ditujukan untuk melestarikan adat istiadat yang salah satunya ditandai pengukuhan Lembaga Adat Sasak. Sapit sebagai salah satu desa tua di Lotim memiliki beragam adat istiadat seperti bubus batu, nyelamet reban, dan berbagai kegiatan lainnya.

''Sapit juga kaya akan prasasti dan peninggalan masa prasejarah yang akan dikembangkan untuk wisata budaya dan sejarah,'' ungkapnya.


Selain itu, gawe adat ini juga untuk mempersatukan semua elemen masyarakat Sapit untuk mendukung keberlangsungan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri. (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close