Breaking News

Baznas Lombok Barat Salurkan Beasiswa Kepada Ratusan Mahasiswa

 


Lombok Barat (postkotantb.com) -- Baznas Lombok Barat menyalurkan bantuan dalam bentuk beasiswa S1, S2, dan S3 bagi para mahasiswa Lombok Barat yang sedang menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri. Bantuan tersebut diberikan kepada ratusan mahasiswa dari berbagai universitas.

''Setelah sukses menyalurkan bantuan dengan total nilai sekitar Rp3 miliar menyasar 2.440 orang Muztahik (orang yang berhak menerima zakat) serta pembangunan rumah layak huni di Lombok Barat, kini Baznas Lobar kembali menyalurkan bantuan dalam bentuk beasiswa S1, S2, S3,'' kata Pj Bupati Lombok Barat H. Ilham di Aula Kantor Bupati Lobar, Rabu, (8/5/2024).

H. Ilham meyebut, pendistribusian beasiswa kepada mahasiswa ini merupakan bentuk tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh masyarakan selama ini. Dana tersebut dihimpun dan dikelola oleh Baznas kemudian sampai pada pendistribusian zakat, infak dan sedekah kepada para mustahik.

Selain itu hal ini juga sebagai bentuk  komitmen pemerintah daerah dan Baznas dalam upaya meningkatka kapasitas sumber daya manusia (SDM) menuju Lombok Barat Sigap. Ini adalah kolaborasi dan sinergi yang sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM Lombok Barat.

"Ini adalah salah satu langkah untuk mewujudkan Lobar sigap. Kami sampaikan terimakasih kepada Baznas karena telah bekerjasama dan berkolaborasi dalam mendukung penuh Lobar sigap dalam bidang pendidikan dan mengentaskan kemiskinan,'' ungkapnya.

Lebih lanjut H. Ilham juga menyamapaikan, berdasarkan data dari BPS tercatat sekitar 13 persen (102.000) penduduk miskin di Lobar menjadi tanggung jawab pemerintah dan semua pihak agar ke depannya masyarakat lebih sejahtera.

Ia mengatakan hal ini adalah salah satu upaya konkret dan nyata dalam mengatasi masalah tersebut. Menurutnya pendidikan merupakan gerbang utama yang memiliki kontribusi besar dalam pembangunan dan dapat merubah peradaban bangsa.

Untuk itu ia berharap kepada para mahasiswa agar tetap semangat dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


"Kami berharap agar para mahasiswa memilki komitmen dan semangat yang sama untuk merubah peradaban bangsa dan menjadi pelopor nagera maju seperti negara lainnya,'' harapanya.


Pada kesempatan yang sama Ketua Baznas Lobar, H. M. Taisir Al-Azhar, Lc.MA,. Mengatakan Baznas sebagai mitra pemerintah hari ini melaksanakan pendistribusian zakat, infak, dan sedekah. Kegiatan ini merupakan program Baznas "Lobar Cerdas" serta sebagai momentum peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

Ia mengatakan pendistribusian ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa kurang mampu dalam menempuh program pendidikan dan sebagai upaya dalam mewujudkan Lombok Barat Sigap.

"Total bantuan yang kami ditribusikan pada hari ini berjumlah 266.500.000, dengan rincian S1 sebanyak 209 orang, S2, 7 orang, S3 sebanyak 3 orang dan mahasiswa luar negeri sebanyak 5 orang,'' jelasnya.

Selain pendistribusian untuk program pendidikan sebelumnya Baznas juga telah sukses menyalurkan zakat, infak dan sedekanya kepada 2.440 orang mustahik serta mendirikan puluhan rumah layak huni bagi warga Lobar.

Menurutnya hal ini dapat berjalan karena dorongan serta kolaborasi dari semua pihak dan mitra kerja baznas termasuk pemerintah Lobar yang memilik kontribusi besar bagi Baznas Lobar. Ia berharap kedepannya mahasiswa yang menerima manfaat saat ini suatu hari nanti bisa menjadi peserta yang tercatat sebagai muzki (orang yang mampu dan berzakat).


"Kami menargetkan dalam satu tahun bisa terkumpul 10M atau lebih, karena semakin banyak yang berzakat maka semakin banyak pula yang diterima oleh penerima manfaat,'' terangnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan beasiswa secara sibolis kepada perwakilan mahasiswa oleh Pj Bupati Lobar didampingi oleh komisioner Baznas dan Pj Sekda Lombok Barat. (Iwan.S)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close