Breaking News

Waisak di Vihara Kalyanaphala Semagek Berjalan Hening dan Sakral

 


Lombok Utara (postkotantb.com) - Umat Buddha Vihara Kalyanaphala Semagek Dusun Sempak, Desa Tegal Maja, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyambut Peringatan Trisuci Waisak 2568 Buddhis Era pada Kamis, 23 Mei 2024.

Panitia dari unsur pemuda, Surdianto, mengawali acara dengan prosesi berbaris rapi dan teratur 100 meter dari vihara membawa persembahan masing-masing diiringi dengan alunan Paritta dan membawa sarana puja seperti pelita, dupa, dan bunga yang akan ditempatkan pada Altar Buddhapatima.


Setiba di lokasi, seluruh umat yang dipimpin oleh Romo Pandita dan Upacarika langsung  berpradaksina mengelilingi tiga kali Baktisala (Patimaghara) kemudian secara perlahan memasuki Dhammasala untuk menempatkan Sarana Puja dan Bernamaskhara.

Acara yang dipandu oleh muda-mudi Sukhi Hottu diawali dengan pembacaan Syair Dhammapada oleh ibu-ibu Wandani dan pemimpin menandai Puja Bakti akan dimulai.

''Melakukan penyalaan lilin dan dupa diiringi lagu Gita Vihara Kami Memuja oleh adik-adik SMB Kalyanamitta,'' kata Surdianto.


Setiap Puja Bakti Umat seperti biasa mendapatkan kesempatan bermeditasi untuk melatih pikiran dengan menumbuhkan cinta kasih dan sayang kepada semua mahluk. Selanjutnya ketua panitia menyampaikan laporan berkenaan dengan penyelenggaraan acara tersebut serta sambutan ketua Karakasaba.

Dhammadesana oleh Upacarika Surdianto mengajak menyambut Waisak dengan penuh kesadaraan karena memaknai Waisak wajib meneladani sifat-sifat luhur Buddha.

''Sesungguhnya karena penghormatan atau puja tertinggi pada Buddha dengan mempraktekan Dhamma dalam berbagai segi kehidupan baik beragama, berbangsa dan bernegara,'' pesannya.

Tidak hanya mendengarkan uraian Dhamma tetapi umat yang hadir mendapatkan kesempatan mendenggar ucapan Waisak dari beberapa pengurus di bawah Karakasaba serta melatih diri untuk berdana dan menerima Tirta Paritta yang didapatkan dari sumur Pawang Buani beberapa hari yang lalu.


Pada Akhir Acara umat melakukan sesi foto bersama dengan pihak Polres KLU dan Polsek Tanjung serta makan malam sembari menunggu detik-detik Waisak dengan pembacaan Visakhapunnamipuja Katha dan meditasi yang akan dilaksanakan pukul 21.52 Wita. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close