Breaking News

Distarnak Loteng Jamin Puluhan Ribu Hewan Qurban Telah Tersedia




Haji Idham Khalid, SP Kepala bidang Keswan dan Kesehatan Masyarakat Peteriner/Kesmapet Distarnak Loteng. Foto Ist/Lalu Irsyad/postkotantb.com


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distarnak) Kabupaten Lombok tengah jamin puluhan ribu ekor hewan Qurban telah siap untuk sambut Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 Hijriah mendatang.

Haji Idham Khalid, SP selaku Kepala bidang Keswan dan kesehatan masyarakat Peteriner/Kesmapet Distarnak Loteng menyebut saat ini sudah ada sekitar 22 ribu ekor sapi jantan dan kambing sejumlah 32 ribu ekor berasal dari ternak masyarakat untuk menyerap hasil peternak lokal. Belum lagi ditambah dari stok milik kalangan pengusaha seperti di Praya timur, Praya, dan Bilebante.

"Nanti mulai H-7 lebaran, tim kita akan keliling mendata kelapangan sekaligus lakukan pemeriksaan kesehatan hewan," Tutur idham.

Setelah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan, lanjutnya, pusat-pusat penjulan hewan qurban akan peroleh sertifikat berupa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan dipasangkan banner sebagai tanda bahwa hewan yang dijual dinyatakan layak disembelih. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir.

Selain itu, Distarnak Loteng juga akan intens lakukan pengawasan sampai hari-H Idul Adha di tempat-tempat pemotongan hewan (TPH/RPH) sampai di Masjid-masjid. Guna memastikan keseterilan dan kebersihan daging qurban sehingga tetap sehat sampai dikonsumsi oleh masyarakat.

"Kita sudah punya petugas yang miliki SK ditiap kecamatan sebanyak 59 orang medik dan paramedik untuk identifikasi titik-titik lokasi pemotongan," terangnya.

Ditambahkan, sosialisasi terkait hal diatas telah dimasifkan melalui UPT-UPT oleh tenaga penyuluh berkoordinasi sampai tingkat Kepala Dusun. Plus menjadi tempat pelaporan jika ada masalah kesehatan hewan yang ditemui.

Soal harga diprediksi untuk 1 ekor kambing minimal 2,5 juta dan maksimal 4-5 juta. Sementara sapi per ekor terendah 10 jutaan.

Dihimbau dalam membeli hewan qurban, masyarakat agak selektif. Pastikan belanja di pos-pos yang sudah pegang surat SKKH dan terpampang banner resmi dari Distarnak agar aman dan terjamin. (Irsyad)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close