Breaking News

Kompak, TNI-Polri Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Puing Puing Bekas Kebakaran.

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Personel TNI, Polri membantu masyarakat membersihkan puing sisa kebakaran rumah di Dusun Kalimango Desa Kalimango kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa Minggu (09/06/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Alas dan didampingi Danramil 1607-04/Alas Kapten Inf Triono W beserta anggota.


Kapolres Sumbawa AKBP Heru Muslimin,SIK, M.Ip melalui Kapolsek Alas AKP I W Sada Suitra. SH mengatakan, pembersihan ini sebagai upaya mempercepat proses evakuasi, selain itu masih banyaknya puing yang bisa membahayakan warga.

"Kita lakukan ini bersama dengan elemen TNI, agar cepat selesai untuk membersihkan puing-puing dan sebagainya. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama untuk bahu membahu dalam membersihkan sisa-sisa kebakaran,” katanya.

Setelah melakukan gotong royong pembersihan rumah yang terbakar dilanjutkan dengan makan bersama antara TNI, Polri dan masyarakat guna mempererat tali silaturahmi antara TNI Polri dan masyarakat.

"Demi kemanusiaan maka kami akan senantiasa hadir untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah atau bencana tanpa harus meminta bantuan kepada kami. Insya Allah setelah kami menerima informasi atau laporan terkait musibah atau bencana kami akan segera bergerak menuju lokasi,” tutup Kapolsek.

Lanjut Kapolsek mengatakan sumber api diduga berasal dari salah satu rumah korban. Salah seorang warga menyebut sebelum terjadi kebakaran hebat, muncul ada asap tebal dari ketiga rumah tersebut. Warga pun bergotong royong untuk memadamkan api dan melapor ke petugas. Kebakaran tiga rumah itu akhirnya bisa dipadamkan sekitar pukul 16.30 Wita.

Penyebab pasti kebakaran ini masih dalam penyelidikan kepolisian. Akibat kebakaran itu, kerugian korban ditaksir sekitar Rp 450 juta.


Sementara itu Danramil 1607-04/Alas Kapten Inf Triono W mengatakan Bahwa anggotanya sedang melaksanakan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan secara gotong royong sebagai wujud kepedulian TNI dan Polri dalam membantu masyarakat di wilayah.

“Sebagaimana kita ketahui telah terjadi kebakaran. Tentunya sebagai aparat kewilayahan kami TNI Polri membantu masyarakat setidaknya diawali dengan membersihkan puing-puing bekas kebakaran dengan bekerja sama dan bergotong royong,” ujar Danramil.

Sementara Kades Kalimango Hery Darfan,SP mengatakan, "atas kejadian ini kami dari pihak Desa sudah menyampaikan ke bupati dan wakil bupati Sumbawa, serta dinas terkait. Dan insyaallah hari Senin kami akan menghadap ke Bupati dan Wakil Bupati untuk menyampaikan secara langsung".


Untuk sementara kami pihak Desa bersama RT dan RW akan upayakan untuk membangun dapur umum.  Kami berharap kepada Pemda maupun instansi terkait seperti Dinas Sosial, APBD dan DPMD agar segera merespon atas kejadian ini. Harap Kades.

Kades juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan api, dan apabila meninggalkan rumah pastikan bahwa Kompor sudah dimatikan.Imbuhnya.(Indra)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close