Breaking News

MTQ Ke-XX Tingkat Kecamatan Jereweh Resmi Dibuka, Desa Belo Tuan Rumah Siapkan 61 Peserta

 


Sumbawa Barat (postkotantb.com) -
Sebanyak 181 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (02/07/2024). Seluruh peserta berasal dari 4 Desa se-Kecamatan Jereweh. MTQ dibuka oleh Camat Jereweh, Muhammad Solihin, di Lapangan sepak bola Lalu Magaparang.  

Camat Jereweh, Muhammad Solihin menyampaikan, Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Karena MTQ merupakan salah satu sarana guna mengembangkan syiar Islam serta membumikan Al-Qur'an. Ucapnya

Menurut Ketua Panitia pelaksana MTQ, Khairuddin, S.H.I, M.Pd menerangkan, pelaksana berdasarkan surat keputusan nomor 23 tahun 2024 tentang penetapan tempat pelaksanaan MTQ ke-XX tingkat Kecamatan Jereweh yaitu di Desa Belo.

MTQ yang Ke-XX dilaksanakan oleh pemerintah Desa Belo mulai tanggal 2 Juli hingga 6 Juli 2024. Mudah mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan izin Allah SWT. "Dari 4 Desa sebanyak 181 peserta dengan cabang yang dilombakan diantaranya Lomba Tilawah, Lomba Tahfidz, Lomba Fahmil Qur'an, Lomba Syarhil Qur'an, Lomba Khath, Lomba Karya Tulis ilmiah Al Qur'an dan Lomba Tilawah Tartil TBA Ibu-ibunya," terang Kades.

Selanjutnya, untuk Peserta dari Desa Beru menurunkan 51 orang, Peserta Desa Goa menurunkan 33 orang, Peserta Desa Dasan Anyar menurunkan 36 orang peserta dan Tauan Rumah Desa Belo menurunkan 61 orang.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini sebagai motivasi peserta khususnya dan masyarakat umumnya agar mencintai, mempelajari, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an.

“Baik secara individu, keluarga, maupun masyarakat. Karena didalam Al-Qur’an itu sendiri adalah sebagai tuntunan dalam kehidupan baik dunia maupun akhirat,” ungkapnya.


Ia menambahkan, MTQ merupakan ajang untuk kita menjaring potensi seni dalam membaca Al-Qur’an, dan juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat, termasuk di dalamnya pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

Acara dihadiri oleh Forkopimcam, Ketua TP PKK Kecamatan, para kepala desa dan ketua TP PKK desa, serta tokoh masyarakat setempat. Selain pembukaan, ada pula pawai taaruf dan pelantikan dewan hakam.(Amry)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close