Breaking News

Bantu Evakuasi Pendaki Di Gunung Rinjani, Kopassus Terjunkan 140 Personil

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mendarat di LIA, Kopassus akan membantu melakukan evakuasi pendaki Gunung Rinjani
Lombok Timur (postkotantb.com)- Sebanyak 140 personil Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di kirim dari Cijantung ke Lombok untuk bergabung bersama aparat kepolisian, Tim Sar,  Tim Medis serta BPBD melakukan evakuasi terhadap ratusan pendaki Gunung Rinjani yang terjebak dan tidak bisa turun karena longsor akibat gempa berkekuatan 6,4 SR.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., mengtakan personil Kopassus setiba di Lombok International Airport (LIA) langsung melakukan kordinasi dengan tim penyelamatan. Sore hari nya tim pendaki Kopassus langsung melakukan pendakian bersama tim evakuasi lainya menuju titik sasaran. 

"Mereka akan naik dari Sembalun Kabupaten Lombok Timur menuju titik sasaran tempat para korban terjebak", ucap Danrem kepada awak media. 

Rizal Ramdhani juga mengatakan personil Kopassus akan berada di Lombok sampai semua pendaki bisa di evakuasi secara keseluruhan. Kemungkinan juga setelah tugas evakuasi pendaki personil Kopassus bisa di perbantukan untuk membantu korban bencana alam gempa bumi di Lotim dan KLU. 

"nanti di lihat apakah langsung balik atau di perbantukan, tergantung kebutuhan, tidak menutup kemungkinan bisa di perbantukan membantu korban di pengungsian," ujar Danrem. 

Seperti di rilis BPBD NTB, sebanyak 524 pendaki baik dari mancanegara dan nusantara terjebak di Gunung Rinjani karena jalur penurunan tertutup akibat terjadinya longsor. Satu orang pendaki asal Makasar di nyatakan meninggal dunia. Upaya evakuasi para pendaki ini telah mulai di lakukan sejak Senin sore (30/7).(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close