Bupati Loteng Lantik 17 Kades

Bupati Loteng HM. Suhaili FT menyampaikan.......

Bupati Loteng Lantik 17 Kades
LANTIK: Bupati Lombok Tengah menekankan kades yang dilantik harus mampu memposisikan diri


Suhaili: Kades harus cerdas dan mampu memposisikan diri sebagai khadam masyarakat


Lombok Tengah (Postkotantb.com) - Bupati Lombok Tengah (Loteng) HM. Suhaili FT melantik 16 Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades serentak dan 1 kades Hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Durian Kecamatan Janapria Loteng. Pelantikan tersebut dipusatkan di Alun-Alun Tastura Praya Loteng, Kamis (21/01).

Dalam amanatnya Bupati Loteng HM. Suhaili FT menyampaikan, sebagai kepala desa, harus mampu memposisikan diri ditengah masyarakat, lebihnya kepada lawan politik atau masyarakat yang tidak ikut memberikan dukungan.

Sebab jika masih saja mendahului basis atau pendukung, maka roda pembangunan di desa akan tersendat, dan kita termasuk pemimpin yang gagal.

"Saya amanahkan kepada semua kades yang dilantik, untuk lebih cerdas menempatkan diri sebagai khadam masyarakat. Jangan tumpang tindih dalam melaksanakan tugas, dan bila perlu rangkul lawan politik," katanya.

Jika masih saja tumpang tindih dan hanya mementingkan basis, pergolakan pasti terjadi dan itu bisa berakibat kan fatal bagi keberlangsungan pembangunan di desa. "Sekali lagi, saya minta kades harus cerdas," ulangnya.

Selanjutnya, terhitung dari hari ini tugas para kades sudah bertambah, yang dulunya berkewajiban mengurus keluarga, sekarang masyarakat se desanya,. Menjadi tanggung jawabnya, termasuk kemajuan dan pembangunan di desanya.

"Jika dulu tenaga dan pikiran untuk keluarganya, sekarang kades harus siap mengayomi semua masyarakat se desanya," pintanya.


Dikatakan, saat ini pemerintah melalui anggaran yang besar, tentunya itu harus dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Dalam membangun, pihaknya ingatkan untuk tetap mengedepankan kearifan lokal. Jika ada masyarakat yang diangggap mampu mengerjakan apapun itu, kedepankan tenaga setempat.

Yang terakhir, pihaknya atas nama masyarakat Loteng, Mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Loteng, khususnya para panitia Pilkades, sebab tanpa usaha dan kerjanya, Pilkades serentak yang sudah dilaksanakan, tidak akan meraih hasil, seperti yang sedang dilaksanakan hari ini.

"Pelantikan ini tentunya hasil kerja panitia Pilkades, terimakasih saya ucapkan semoga apa yang sudah saudara saudara lakukan tercatat sebagai amal ibadah kita bersama," do'anya.

Catatan poskotantb.com, dalam pelantikan tersebut, hadir Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Loteng, Ketua Pengadilan Negeri Praya, Kejaksaan Negeri Praya, Wakapolres, Dandim, Penjabat Sekda, Camat dan para keluarga kades terpilih.(ap)