Deteksi Penyakit Menular, Dinas LH dan Dinkes Gelar Skrining Bagi ASN dan Honorer

SKRINING KESEHATAN; Sejumlah pegawai Dinas Lingkungan Hidup Lotim saat menunggu giliran skrining Selasa (08/06)

Lombok Timur (postkotantb.com)- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melakukan skrining kesehatan terhadap 401 orang pegawai ASN dan honorer DLH pada Selasa 8 Juni 2021.

Skrining dilakukan guna mengantisipasi dan sebagai deteksi dini terhadap penyakit menular dan tidak menular yang dapat menjangkiti para pegawai DLH. Mengingat resiko kerja para pegawai DLH rentan terkena penyakit karena sering bersentuhan langsung dengan sampah. 

''Program pemeriksaan kesehatan ini menjadi agenda rutin OPD di Lotim. Namun kembali digelar saat ini setelah vakum akibat Covid-19,'' kata Kepala Dinas LHK Lotim Zaidar Rohman, Selasa (8/6).

Mantan Camat Sembalun itu menambahkan, skrining kesehatan bagi para pegawai sangat penting dilakukan sehingga pemeriksaan kesehatan ini diakui menjadi langkah antisipasi yang baik dalam mendeteksi penyakit yang diderita para pegawai. 

''Skrining ini sangat penting sekali bagi para pegawai karena kerentanan untuk terkena penyakit sangatlah besar,'' imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lotim dr Pathurrahman mengungkapkan, kegiatan skrining di sejumlah OPD itu untuk mendeteksi dini resiko penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan stroke. 

''Hal tersebut penting dilakukan sebagai edukasi dan pendeteksian secara langsung,'' ungkapnya. 

Ia menambahkan, selain DLH, Dinas Kesehatan juga akan segera melakukan skrining kesehatan bagi OPD lain dalam waktu dekat. Sehingga ia berharap kepada seluruh Kepala OPD agar mengingatkan seluruh pegawainya. 

''Dalam beberapa hari ke depan, kami juga akan melakukan pemeriksaan terhadap OPD lainnya,'' kata dia.(Iwan)