Breaking News

Woow Kreen: SMKN 1 Janapria Peragakan Dua Temuan Baru Oleh Empat Siswa Dalam Lomba TTG

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Janapria Lombok Tengah (Loteng), sukses membuat tim penilai terheran heran alias bengong, saat lomba Tekhnologi Tepat Guna (TTG), tingkat Kabupaten Loteng.

Pasalnya, Siswa SMKN 1 Janapria, sukses mempersembahkan dua temuan berupa Jenset silent atau jenset tak bersuara, namun mampu menciptakan sumber cahaya. Ke dua Super Bang Bertenaga Surya

Bustanul Arifin Guru TTG pada SMKN 1 Janapria Loteng mengatakan, dalam lomba TTG yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Loteng. Pihaknya datang meramaikan undangan DPMD dalam lomba TTG bersama 4 orang siswanya, masing - masing atas nama Beno Ananta Pandu dan Azril menampilkan temuannya, berupa Jenset silent atau tanpa suara namun mampu menghasilkan cahaya.

Selanjutnya Super Bang Tenaga Surya di tampilkan oleh Samsudin dan Rangga. " Ke empat siswanya ini, masih duduk di kelas XI," bebernya Rabu (29/6).

Dua temuan yang ditampilkan siswanya, itu murni bukan hasil temuan dari guru, namun itu murni temuan empat orang siswanya.Temuan tersebut, selanjutnya mereka sampaikan dan praktikkan saat jam praktik di sekolah. Sehingga pihaknya selaku guru TTG, menjadi kagum dan sepakat temuan tersebut, itu di peragakan saat lomba di tingkat kabupaten. Ungkapnya.

"Sebelum kami memilih jenis temuan yang akan ditampilkan, saya coba cek temuan siswa tergolong aneh dan tak masuk akal namun nyata, setalah kami anggap layak, sehingga itu kami tampilkan di lomba TTG tingkat Kabupaten ini," terangnya.

Dijelaskan, kelebihan Jenset silent atau jenset tak bersuara, kendati dalam kondisi tidak dinyalakan, namun mampu menciptakan atau mendistribusikan cahaya, selain itu ketika jenset silent tersebut jauh dari charger PLN atau tidak di hubungkan dengan listrik, juga bisa di hubungkan dengan aki mobil ataupun sepeda motor.

Sedangkan untuk rumah tangga jenset silent ini bisa juga digunakan, artinya kendati PLN dalam kondisi mati dan jenset silent ini di charger atau di cok, maka lampu langsung menyala dan ketika lampu listrik menyala, jenset silent dengan sendirinya akan mati.

"Yang jelas jenset silent ini, tidak berbunyi, tidak berasap, tak bersuara dan tidak berpolusi serta tidak bising" ujarnya.

Sedangkan untuk daya, mulai dari 600 sampai 1200 what.

Sedangkan untuk Super Bang Tenaga Surya, kelebihannya bisa sebagai charger HP, bisa menyalakan lampu dengan sensor tubuh, artinya ketika dalam ruangan dan menyalakan super bang tenaga Surya dan ketika ditinggalkan lampu tersebut akan mati secara otomatis.

Ketika kita datang dengan sendirinya akan menyala. "Yang jelas super vang tenaga surya ini akan menyala dengan kekuatan sensor tubuh, artinya ketika tubuh kita berdekatan dengan alat ini langsung akan menyala secara otomatis," Jelasnya.

Sedangkan kekuatan super bang tenaga surya ini, mampu dimanfaatkan minimal 10 jam, dan cahaya yang ditimbulkannya, bisa dimanfaatkan ketika saat lampu listrik mati. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close