Breaking News

Safari Ramadhan Pemkab Lombok Timur Dimulai dari Kecamatan Wanasaba

 


Lombok Timur,  (postkotantb.com) - Kegiatan Safari Ramadhan 1444 H jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur diselenggarakan kembali setelah tidak telaksana selama tiga tahun, karena dampak pandemi covid-19. Safari Ramadhan diawali di Masjid Badrul Islam, Lengkok Lendang, Desa Tembeng Putik, Kecamatan Wanasaba pada Selasa, (28/03/2023).

Safari Ramadhan Pemda tahun ini hanya terdiri dari satu tim. Tim tersebut dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur bersama Fokopimda Kabupaten Lombok Timur dan diikuti sejumlah Kepala OPD secara bergantian.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kini bulan Ramadhan memiliki berkah tidak ternilai dan berlimpah karunia Allah SWT. Tentunya dengan melaksanakan amalan dan ibadah. Ia kembali mengingatkan empat amalan yang paling banyak dikerjakan Nabi Muhammad SAW saat Ramadhan yakni shalat, sedekah, berdoa, dan membaca Al-Quran.

Ditekankannya penting untuk melaksanakan shalat di awal waktu. Disampaikan pula agar umat muslim berlomba-lomba bersedekah,apalagi di bulan Ramadhan.

Sementara itu terkait doa, Bupati Sukiman menyampaikan faktor doa dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Tempat dan waktu berdoa adalah diantaranya, Berdoa di masjid pada bulan Ramadhan dinilai sebagai faktor dikabulkannya doa seorang hamba. Dan amalan terakhir yang banyak dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW adalah membaca Al-quran.

Selanjutnya Bupati mengajak masyarakat selalu bersyukur, terlebih dapat bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan dalam keadaan sehat walafiat, karena itu ia berharap Ramadhan  dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar ketika berpisah dengan bulan suci ini dapat kembali dalam keadaan yang suci, fitroh sebagaimana seperti saat dilahirkan.

Bupati juga menyampaikan, bahwa safari ramadhan tahun ini adalah yang terakhir selama periode pemerintahannya bersama Wakil Bupati H.Rumaksi, “26 September 2023 hanya 6 bulan lagi kami akan mengakhiri masa pengabdian bersama H. Rumaksi di Kabupaten Lombok Timur.  Untuk itu kami ingin mengakhirinya dengan khusnul khotimah.” Ujarnya.


Karena itu pula ia berharap berbagai harapan masyarakat dapat dituntaskannya selama enam bulan terakhir ini, “Jika ada janji dan harapan dari masyarakat yang belum kami ditunaikan masih ada waktu selama enam bulan sisa pengabdian kami di Kabupaten Lombok Timur untuk dapat diselesaikan.” Bupati juga memohon maaf kepada masyarakat Lombok Timur sepanjang massa jabatannya.

Terakhir ia mengapresiasi masyarakat Lengkok Lendang, desa Tembeng Putik atas kualitas ibadah, rasa syukur, dan tradisi baik yang dimiliki. Ia berharap dapat dicontoh oleh desa dan dusun yang lain di Kabupaten Lombok Timur.

Selanjutnya Ketua Pengurus Masjid Badrul Islam Ustaz H. Yusuf Ali menyampaikan bahwa di wilayah masjid ini terdapat 520 KK yang terdiri dari 1.892 jiwa. Masjid tersebut pembangunannya didanai swadaya masyarakat sebanyak Rp.1,8 milyar.

Selain menyampaikan kondisi wilayah yang aman dengan tetap menjalankan program ronda sejak tahun 2011, Ustaz Yusuf juga menceritakan tradisi masyarakat setempat seperti doa akhir tahun dan berbagai kegiatan kemasyarakatan yang diatur di masjid Badrul Islam.

Bupati pada kesempatan tersebut menyerahkan bantuan dari Baznas Lombok Timur kepada ketua pengurus masjid. (Mul)
.

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close