Breaking News

6,4 Persen Pekerja NTB Alami Gangguan Kejiwaan



"RSJ Mutiara Sukma Akan Sediakan Kamar Bagi Balonkada Yang Stres Karena Gagal Dalam Pemilihan"


Mataram (postkotantb.com)- Data Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma mencatat sebanyak 6,4 persen penduduk NTB yang bekerja mengalami gangguan mental emosional. Mengacu pada data tersebut di perkirakan jumlah pekerja di NTB yang mengalami gangguan emosional sebanyak 136.160 orang.
Angka penderita gangguan kejiwaan yang di fokuskan pada angkatan kerja ini sesuai dengan tema peringatan hari kesehatan jiwa yakni kesehatan jiwa di tempat kerja (Mental Health In The Workplace). 

Menurut data BPS Provinsi NTB pada tahun 2015 jumlah penduduk NTB yang bekerja sebesar 2.127.503 orang. Jumlah pekerja yang tinggi tersebut di anggap perlu mendapatkan perhatian perhatian serta penanganan kesehatan dan keselamatan kerja yang baik sehingga terhindar gangguan penyakit akibat kerja, penyakit menular, kecelakaan kerja yang berpotensi meurunkan bahkan menghilangkan tingkat produktifitas.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma dr. Hj Elly Rosila Wijaya, SpKJ, MM mengatakan kesehatan jiwa sangat di perlukan di tempat kerja. Lebih lanjut dr Elly menjelaskan data menunjukan 10 persen pekerja mengajukan cuti di karenakan depresi, dan rata rata 36 hari kerja hilang di karenakan depresi,   50 persen orang dengan depresi tidak mendapat perawatan, 94 persen gejala kognitif depresi seperti  kesulitan dalam berkonsentrasi, sulit membuat keputusan dan mengingat. Selama episode depresi menyebabkan penurunan fungsi kerja dan produktifitas yang signifikan.
43 persen level pimpinan kata dr Elly menginginkan adanya kebijakan yang mendukung pekerja yang mengalami gangguan jiwa. Sementara kendala yang di hadapi saat ini adalah para pekerja masih kesulitan menyampaikan bahwa mereka mengalami gangguan kejiwaan.

“ kesehatan jiwa ini sangat perlu di perhatikan karena berdampak masalah pada keluarga, sedangkan bila di biarkan sakit akan memberikan pengaruh karena akan membebani keluarga bahkan ini bisa menjadi bencana bagi keluarga.” Paparnya.

Bila memperhatikan jumlah penduduk NTB yang bekerja dengan angka perkiraan gangguan mental emosional yang mencapai 6,4 persen jelas dr Elly dapat memberikan dampak bagi perekonomian keluarga dan daerah sebesar 110 milyar perbulan dengan perkiraan UMP Provinsi NTB sebesar Rp 1.630.000 perbulan.

Sementara di singgung lokasi khusus bagi calon kepala daerah, calon legislatif ataupun yang mengalami gangguan kejiwaan akibat politik, dr Elly mengatakan dirinya kedepan akan menyediakan kamar bagi pasien korban politik tersebut. pembangunan bangsal khusus untuk para politikus yang “stres” akibat gagal di pentas politik masih dalam tahap pembangunan. Namun dengan tegas dr Elly mengatakan bahwa tidak ada perlakuan khusus bagi pasien apapun latar belakangnya, semua pasien akan di perlakukan sama sesuai dengan standar operasional prosedur.(RZ)
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close