Breaking News

Triwulan Pertama Tingkat Hunian Hotel Melonjak, Turis Malaysia Tempati Tiga Besar


Lombok Barat (postkotantb.com)- Awal tahun dari bulan Januari hingga bulan April atau pada triwulan pertama tahun 2018 terjadi peningkatan hunian hotel hingga mencapai 70 persen. Trend kenaikan room occupancy tersebut di sebabkan beberapa faktor. Selain adanya agenda nasional yang secara konstan di selenggarakan di Lombok juga Lombok menjadi salah satu daerah wisata yang paling diminati untuk di kunjungi. 

Peningkatan hunian hotel di rasakan oleh Holiday Resort. Hingga bulan April dan awal Mei ini jumlah pemesanan kamar dan hunian di atas 70 persen. Padahal pada awal tahun biasanya hunian hotel tidak pernah berada di atas 50 persen. Namun pada tahun ini hampir semua hotel di kawasan Senggigi mengalami lonjakan hunian kamar. 

Manager marketing Holiday Resort Gerit B. Polli menjelaskan dalam tiga tahun terakhir terus terjadi perbaikan jumlah hunian yang biasanya pada tiga bulan pertama sangat sulit mendapatkan tamu kini hampir semua kamar terisi. Selain makin kondusifnya pariwisata NTB, peran pemerintah dan para pelaku wisata yang mempromosikan Lombok mulai memperlihatkan hasil. 

"biasanya occupancy turun, trend market biasanya sepi, tetapi pada tahun ini terjadi trend peningkatan penginapan terutama pada saat weekend," paparnya. 

Sementara GM Holiday Resort I Ketut M Jaya Kusuma menjelaskan dari segmen pasar tamu masih di dominasi oleh wisatawan nusantara. Sementara untuk overseas terjadi kenaikan angka hunian. Malaysia menjadi satu-satunya wisatawan yang mendominasi angka kunjungan mengalahkan Tiongkok maupun tamu dari Korea dan Jepang. Malaysia masuk dalam tiga besar wisatawan overseas yang datang setelah Australia dan Jerman. 

Sementara untuk MICE menurut Ketut Jaya Kusuma masih tetap ada persentase 50 persen wisatawan. Adanya even berskala besar menurut Ketut juga mempengaruhi tingkat kunjungan. Untuk menggaet wisatawan sendiri kata Ketut para pengusaha hotel tetap mempromosikan Pulau Lombok seperti saat acara Mata ataupun Natas dan ITB berlin serta ajang promo lainnya di luar negeri. 

Selain itu strategi hotel yang di pakai untuk menarik minat tamu adalah dengan bekerjasama dengan sejumlah selebgram yang mempunyai pengikut di sosmed menjadi ratusan ribu orang.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close